Preview Piala Dunia 2022: Grup H

Piala Dunia 2022 kemungkinan besar akan menjadi pertunjukan terakhir Cristiano Ronaldo di Piala Dunia. Portugal memiliki peluang besar untuk melaju ke babak selanjutnya melihat Portugal merupakan tim terkuat di Grup H. Ronaldo dan kawan-kawan tergabung di Grup H bersama Ghana, Uruguay, dan Korea Selatan. Pemenang Piala Dunia dua kali, Uruguay, menjadi tim terkuat kedua di Grup H dan berharap untuk mampu berbicara lebih banyak daripada di Rusia 2018 dimana Uruguay hanya mencapai perempat final, dikalahkan oleh Prancis yang menjadi juara. Korea Selatan pun berambisi untuk kembali memberi kejutan di Piala Dunia 2022, mengulangi pencapaian di Rusia 2018 setelah memastikan nasib Jerman untuk angkat kaki di babak grup. Ghana mewakili Afrika setelah mengalahkan Nigeria di ronde ketiga kualifikasi zona Afrika. Berikut ini ulasan singkat tim-tim Grup H.

Portugal memastikan tempatnya di Qatar melewati babak playoff dengan mengalahkan Makedonia Utara yang secara mengejutkan mengalahkan Italia di pertandingan sebelumnya. Qatar 2022 akan menjadi keikutsertaan kedelapan bagi Portugal. Meskipun menjadi langganan Piala Dunia, Portugal belum pernah memenangi gelar Piala Dunia. Dengan kemungkinan sebagai Piala Dunia yang terakhir, semua mata akan tertuju pada Cristiano Ronaldo. Ronaldo akan menjadi pemain kunci, seperti biasanya, dengan ambisinya untuk menambah koleksinya di lemari piala yang sudah penuh. Kekuatan lini depan Portugal sudah tidak bisa diragukan karena diisi oleh pemain-pemain berkualitas. Namun kekuatan utama Portugal terletak di sisi pertahanan, dengan catatan hanya kebobolan 6 gol di 12 pertandingan terakhir. Portugal masih menjadi unggulan untuk memenangi Grup H.

Uruguay mencapai babak perempat final di Piala Dunia 2018, dikalahkan oleh Prancis yang melaju hingga menjadi juara. Sama seperti sebelumnya, Uruguay masih memiliki individu-individu yang mampu untuk menopang Uruguay di Qatar. Penyerang Luis Suarez dan Edinson Cavani meskipun keduanya sudah berusia 35 tahun, namun masih menjadi ancaman serius di depan gawang lawan. Uruguay tampil mengecewakan di Copa America dengan hanya mencapai babak perempat final, Uruguay pun juga lolos dari babak kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Conmebol dengan meragukan meskipun berada di peringkat ketiga namun dengan catatan selisih gol yang nihil, mencetak 22 gol dan kebobolan 22 kali. Meski demikian, Uruguay masih perlu diperhitungkan untuk menemani Portugal ke babak selanjutnya.

Catatan Korea Selatan yang tidak pernah absen di Piala Dunia sejak 1982 masih berlanjut hingga Qatar 2022. Korea Selatan melangkah ke Qatar dengan harus mengakui keunggulan Iran di papan klasemen akhir kualifikasi Piala Dunia zona Asia babak ketiga Grup A. Korea Selatan hanya mengalami kekalahan di pertandingan terakhir melawan Uni Emirat Arab, sebelumnya Korea Selatan tidak terkalahkan di 8 pertandingan. Heung Min Son adalah pemain Korea Selatan yang paling dikenal, bersamanya di lini depan, striker Wolves, Hwang Hee Chan adalah nama terkenal lainnya, keduanya akan menjadi sosok penting bagi kesuksesan Korea Selatan di Qatar. Berada di grup yang relatif sulit, Korea Selatan digadang-gadang mampu untuk merepotkan tim-tim lain.

Ghana melaju Qatar setelah performa gemilang di babak kualifikasi, memastikan tempatnya setelah mengalahkan Ghana di babak playoff berkat keunggulan gol tandang. Qatar akan kembali mempertemukan Ghana dengan Uruguay yang memupuskan harapan mereka untuk mencetak sejarah menjadi tim Afrika pertama yang mencapai semifinal Piala Dunia. Meskipun sedang tidak dihuni oleh pemain-pemain berkualitas jika dibandingan dengan skuad Ghana di 2010 dan 2014, Thomas Partey dan Mohammed Kudus akan menjadi tumpuan utama bagi Ghana. Meskipun gagal di Piala Afrika 2021, Ghana datang ke Qatar dengan motivasi lebih untuk menunjukkan diri sebagai tim yang masih perlu diperhitungkan.

Jadwal Piala Dunia 2022 Grup H

24/11/22, 20:00 WIB – Uruguay vs Korea Selatan
24/11/22, 23:00 WIB – Portugal vs Ghana
28/11/22, 20:00 WIB – Korea Selatan vs Ghana
29/11/22, 02:00 WIB – Portugal vs Uruguay
02/12/22, 22:00 WIB – Ghana vs Uruguay
02/12/22, 22:00 WIB – Korea Selatan vs Portugal

About Radi

Pecinta sepakbola yang ingin berbagi informasi seputar dunia kulit bundar

Check Also

FIFA Resmi Memperkenalkan Teknologi Baru Di Piala Dunia 2022

FIFA mengumumkan bahwa teknologi semi-otomatis untuk mendeteksi offside akan mulai digunakan di Piala Dunia 2022 …