Preview Piala Dunia 2022: Grup G

Grup G Piala Dunia 2022 mempertemukan tim ranking 1 dunia, Brasil, dengan Serbia, Swiss, dan Kamerun, membuat grup ini terlihat kompetitif. Brasil tentu saja menjadi tim yang paling diunggulkan melaju ke babak selanjutnya, namun jalan Brasil tak akan mudah dengan adanya 2 tim asal Eropa, Serbia dan Swiss, yang berhasil melaju otomatis ke Qatar dengan mengungguli Portugal dan Italia di babak kualifikasi. Dari benua Afrika, Kamerun datang dengan segudang pengalamannya di Piala Dunia dan tren positif setelah mengalahkan Aljazair di babak playoff. Brazil diprediksi untuk memenangi grup ini, dengan ketiga tim yang berkompetisi dengan ketat untuk memperebutkan tempat kedua dan menemani Brasil. Berikut ini peta kekuatan di Grup G.

Akan terasa sangat asing menyaksikan Piala Dunia tanpa kehadiran Brasil. Brasil pun bertekad untuk mengakhiri dua dekade dominasi Eropa di Piala Dunia setelah Brasil terakhir kali memenangkannya di 2002. Meskipun Brasil kalah oleh Argentina di final Copa America 2021, namun Brazil memiliki peluang lebih besar untuk membawa kembali gelar Piala Dunia ke Amerika Selatan. Gol tunggal Angel di Maria di pertandingan tersebut pada Juli 2021 lalu merupakan satu-satunya kekalahan Brasil di tahun tersebut, dan satu dari hanya lima gol yang bersarang di gawang Brasil. Sumber kekuatan utama Brasil bertumpu pada efektifitas talenta-talenta lini depan Brasil, dengan Neymar sebagai tulang punggung. Tak salah jika Brasil tak hanya dijagokan untuk memenangi grup ini, namun juga untuk memenangkan Piala Dunia 2022.

Gagal lolos ke Euro 2020, Serbia memastikan lolos ke Piala Dunia Qatar 2022 dengan memuncaki papan klasemen di grup yang relatif sulit. Serbia tak terkalahkan di babak kualifikasi meskipun berada di grup yang sama dengan tim sekelas Portugal. Kemenangan Serbia atas Portugal di Lisbon di pertandingan terakhir memastikan spot lolos otomatis mereka berkat gol penentu di penghujung pertandingan yang dicetak oleh Aleksandar Mitrovic. Menahan kreativitas dan kecerdikan duet Dusan Tadic dan Sergej Milinkovic-Savic akan menjadi pekerjaan berat bagi setiap lawan Serbia, apalagi ditambah dengan ketajaman lini depan Serbia yang dihuni oleh nama-nama besar seperti Dusan Vlahovic, Filip Kostic, dan Luka Jovic. Perpaduan nama-nama tersebut tentu saja akan menjadi alasan mengapa Serbia berpotensi untuk memberikan kejutan. Dibawah asuhan Dragan Stojkovic, Serbia hanya menderita dua kali kekalahan, membuat Serbia menjadi tim yang sulit untuk dilawan.

Swiss mengakhiri babak kualifikasi Piala Dunia dengan gemilang, mengalahkan Bulgaria 4-0 memastikan tempat Swiss di puncak klasemen dan mengamankan lolos otomatis ke Qatar. Sepanjang babak kualifikasi, Swiss menjalinya tanpa sekalipun menderita kekalahan dan hanya kebobolan dua kali. Mantan pemain Bayern Munich dan Liverpool yang kini bermain untuk Chicago Fire, Xherdan Shaqiri, masih akan menjadi tumpuan utama serangan bagi Swiss bersama dengan Haris Seferovic sebagai ujung tombak. Anak-anak asuhan Murat Yakin ini pantas untuk diperhatikan kiprahnya di Qatar sebagai tim yang relatif kuat di pertahanan dan juga tajam di lini depan.

Sebagai salah satu tim langganan Piala Dunia, Kamerun kembali ke Piala Dunia untuk pertama kali sejak 2014 setelah mengalahkan Aljazair secara dramatis di babak playoff dengan agregat 2-2 dan lolos berkat keunggulan gol tandang. Dalam keikutsertaan Piala Dunia ke-8, Kamerun masih mengandalkan kontribusi pemain-pemain seniornya. Nama-nama seperti Vincent Aboubakar dan Eric Maxim Choupo-Moting memiliki pengalaman internasional yang tidak sedikit, ditambah ketangguhan Andre Onana di bawah mistar, akan menjadi sangat krusial bagi Kamerun untuk bisa berbicara banyak di Qatar. Dilatih oleh legenda sepakbola Kamerun, Rigobert Song, Kamerun dipercaya memiliki kemampuan untuk bersaing di grup ini, melanjutkan tren positifnya setelah finis peringkat ketiga di Piala Afrika.

Jadwal Piala Dunia 2022 Grup G

24/11/2022, 17:00 WIB – Swiss vs Kamerun

25/11/2022, 02:00 WIB – Brasil vs Serbia

28/11/2022, 17:00 WIB – Kamerun vs Serbia

28/11/2022, 23:00 WIB – Brasil vs Swiss

03/12/2022, 02:00 WIB – Kamerun vs Brasil

03/12/2022, 02:00 WIB – Serbia vs Swiss

About Radi

Pecinta sepakbola yang ingin berbagi informasi seputar dunia kulit bundar

Check Also

FIFA Resmi Memperkenalkan Teknologi Baru Di Piala Dunia 2022

FIFA mengumumkan bahwa teknologi semi-otomatis untuk mendeteksi offside akan mulai digunakan di Piala Dunia 2022 …