Preview Piala Dunia 2022: Grup F

Dalam undian babak grup FIFA World Cup Qatar 2022, Grup F mempertemukan antara Belgia, Kroasia, Kanada, dan Maroko untuk memperebutkan tempat di babak 16 besar. Grup ini akan mempertemukan antara finalis Piala Dunia 2018, Kroasia, dan semifinalis Piala Dunia di tahun yang sama, Belgia, menandakan sebagai pertandingan yang paling menarik di grup ini. Selain itu, untuk pertama kalinya sejak 1986, Kanada kembali mengikuti pentas Piala Dunia. Mewakili Afrika, Maroko melengkapi spot di Grup F. Berikut ini adalah analisa peta kekuatan Grup F.

Meskipun tidak lagi menyandang status sebagai tim nomer 1 di dunia, setelah tempatnya diambil alih oleh Brasil, Belgia yang masih diperkuat oleh pemain-pemain dari generasi keemasannya masih memiliki peluang untuk melangkah jauh di Qatar. Anak-anak asuhan Roberto Martinez berharap Qatar akan menjadi panggung mereka untuk akhirnya mendapatkan gelar juara yang selama ini mereka nantikan. Meskipun diperkuat oleh pemain-pemain bintang seperti Kevin de Bruyne, Romelu Lukaku, dan Eden Hazard, Belgia masih memiliki tendensi untuk loyo di turnamen meskipun berhasil lolos dengan meyakinkan, namun di atas kertas Belgia masih menjadi tim yang tangguh. Memiliki kecenderungan untuk buntu ketika berhadapan dengan tim yang sepadan, di 2 turnamen internasional terakhir, Belgia hanya mencapai babak semifinal Piala Dunia 2018 dan perempat final Euro 2020. Meskpun demikian, di 2022, Belgia diunggulkan untuk memenangi Grup F dan berpotensi untuk berbicara banyak di Qatar.

Kroasia terbukti mampu mengejutkan banyak orang, ketika mampu lolos hingga ke babak final Piala Dunia 2018 di Rusia, meskipun akhirnya harus mengakui keunggulan Prancis. Sayangnya catatan positif tersebut tidak berlanjut di Euro 2020, dimana Kroasia harus tersingkir di babak 16 besar di tangan Spanyol. Kunci kesuksesan Kroasia terletak di tangan gelandang Real Madrid, Luka Modrid, meskipun usianya yang tak lagi muda namun masih menunjukkan bahwa Modric tidak mengalami tanda-tanda penurunan kualitas permainan. Kroasia pun juga menunjukkan performa impresif di babak kualifikasi, dengan catatan hanya satu kali kalah ketika melawan Slovenia di pertandingan pertama. Terlihat sulit bagi Kroasia untuk mengulangi pencapaian yang sama seperti di 2018, namun sepertinya Kroasia masih layak diperhitungkan untuk menemani Belgia ke babak selanjutnya.

Saat ini, Maroko dianggap sebagai salah satu tim terkuat di Afrika, dan akan memiliki kualitas pemain yang cukup mumpuni di Qatar, yang akan menjadi Piala Dunia ke-6 bagi Maroko. Tumpuan Maroko saat ini berada di pundak Achraf Hakimi, Sofiane Boufal, dan Ayoub El Kaabi sebagai tumpuan utama serangan bagi Maroko. Catatan negatif bagi Maroko hanyalah Hakim Ziyech yang tidak akan ikut ke Qatar setelah mengumumkan diri pensiun dari tim nasional Maroko akibat perselisihannya dengan pelatih Maroko, Vahid Halilhodzic. Namun pada Piala Afrika 2021, Maroko melaju hingga perempat final sebelum dikalahkan oleh finalis, Mesir, sehingga Maroko diprediksi akan menjadi tim yang memiliki potensi untuk menjadi kuda hitam dari Grup F di Qatar.

Kanada akan berkompetisi di Piala Dunia untuk pertama kalinya dalam 36 tahun setelah menunjukkan penampilan yang gemilang di babak kualifikasi dengan memuncaki papan klasemen grup kualifikasi zona CONCACAF. Saat ini Kanada sedang mengalami masa keemasan dengan dipenuhi pemain-pemain muda berbakat seperti Alphonso Davies dan Jonathan David. Performa kedua pemain tersebut akan menjadi kunci bagi Kanada untuk berbicara banyak di Qatar. Selain itu, pelatih Kanada, John Herdman, berambisi untuk mencetak sejarah lain, setelah menjadi pelatih pertama yang memimpin tim nasional pria dan perempuan di Piala Dunia. Kualitas Kanada yang tidak bisa dipandang sebelah mata, memiliki kemungkinan untuk merepotkan siapapun.

Jadwal Piala Dunia 2022 Grup F

23/11/2022, 17.00 WIB – Maroko vs Kroasia

24/11/2022, 02.00 WIB – Belgia vs Kanada

27/11/2022, 20.00 WIB – Belgia vs Maroko

27/11/2022, 23.00 WIB – Kroasia vs Kanada

01/12/2022, 22.00 WIB – Kanada vs Maroko

01/12/2022, 22.00 WIB – Kroasia vs Belgia

About Radi

Pecinta sepakbola yang ingin berbagi informasi seputar dunia kulit bundar

Check Also

FIFA Resmi Memperkenalkan Teknologi Baru Di Piala Dunia 2022

FIFA mengumumkan bahwa teknologi semi-otomatis untuk mendeteksi offside akan mulai digunakan di Piala Dunia 2022 …