Menilik Stadion-Stadion Yang Akan Digunakan Di Qatar

Piala Dunia 2022 di Qatar hanya tinggal hitungan bulan saja. Persiapan Qatar sebagai tuan rumah sudah terlihat sangat matang. Qatar pun menyiapkan delapan stadion yang sudah siap untuk dijadikan sebagai venue pertandingan-pertandingan Piala Dunia 2022 yang akan diselenggarakan pada 21 November hingga 18 Desember 2022 mendatang. Delapan stadion yang dipersiapkan pun sangat beragam, mulai dari yang memiliki teknologi yang canggih hingga ke infrastruktur yang sangat bagus, baik dari stadion yang direnovasi maupun stadion yang baru saja dibangun. Berikut ini adalah daftar delapan stadion yang akan digunakan untuk Piala Dunia 2022 Qatar.

1. Al Bayt Stadium, Al Khor

Al Bayt Stadium merupakan stadion yang berkapasitas 60,000 penonton dan merupakan stadion terbesar kedua yang akan digunakan untuk Piala Dunia 2022. Dari segi desain dan teknologi, stadion ini merupakan salah satu stadion paling modern di Qatar. Desain stadion yang bentuknya terinspirasi dari tenda yang digunakan oleh masyarakat nomaden di Qatar. Dilengkapi oleh teknologi yang membuat atapnya dapat ditarik agar tertutup, Al Bayt menjadi satu-satunya stadion indoor di Piala Dunia 2022. Selain itu, stadion ini juga dilengkapi dengan sistem pendingin internal.

2. Al Janoub Stadium, Al Wakrah

Stadion Al Janoub terletak di kota Al Wakrah yang berjarak sekitar 21 km dari Doha. Stadion ini mulai dibangun pada 2014 dan selesai pada 2019. Stadion Al Janoub yang memiliki kapasitas 40.000 penonton didesain oleh Zaha Hadid. Stadion ini memiliki desain bentuk tampilan atap yang terinspirasi oleh layar perahu tradisional Dhow, yang digunakan oleh penyelam mutiara dari wilayah tersebut, mengarungi arus Teluk Persia. Kapasitas stadion adalah 40.000, yang diperkirakan akan berkurang setengahnya menjadi 20.000 setelah Piala Dunia.

3. Khalifa International Stadium, Doha

Khalifa International Stadium ini merupakan stadion multifungsi yang terletak di Doha, Qatar, dan termasuk ke dalam bagian dari kompleks olahraga Kota Doha. Stadion ini memiliki kapasitas sebesar 50,000 tempat duduk dan menjadi markas utama bagi Tim Nasional sepak bola Qatar. Stadion ini diresmikan pada tahun 1976, namun menjalani renovasi total hingga tahun 2005. Renovasi ini membuat kapasitas stadion menjadi 50,000 dari yang hanya 20,000 penonton. Selain itu, terdapat tambahan atap di sisi sebelah barat stadion dan sebuah arch di sisi sebelah timur yang digunakan

4. Ahmad bin Ali Stadium, Al Rayyan

Ahmad bin Ali Stadium merupakan stadion multifungsin yang terletak di Al Rayyan ini lebih populer dengan nama Al Rayyan Stadium. Stadion ini menjadi kandang bagi klub Al Rayyan dan Al Khatiriyath. Stadion yang dibangun pada tahun 2003 ini awalnya memilik kapasitas sebesar 21,000 kursi penonton, kemudian mengalami renovasi total pada tahun 2015. Renovasi total tersebut membuat Ahmad bin Ali Stadium menjadi memiliki kapasitas sebesar 50,000 kursi penonton. Nama stadion ini terinspirasi dari nama Amir Qatar ke-7, Ahmad ibn Ali Al-Thani yang menjabat dari tahun 1960 hingga tahun 1972.

5. Education City Stadium, Al Rayyan

Sama seperti dengan Ahmad bin Ali Stadium, Education City Stadium juga terletak di Al Rayyan. Stadion ini secara spesifik dibangun untuk Piala Dunia 2022. Stadion yang berbenttuk berlian ini memiliki gerigi-gerigi yang mengkilap pada siang hari dan bersinar di malam hari. Dengan 20 persen dari bahan bangunannya diidentifikasi berwarna hijau, stadion ini adalah salah satu stadion yang paling ramah lingkungan di dunia. Tak mengherankan jika pada Mei 2019, Education City Stadium menerima peringkat rating bintang lima oleh GSAS. Stadion yang berkapasitas 45,000 kursi penonton ini berlokasi di tengah-tengah beberapa gedung kampus universitas di Qatar Foundation’ Education City. Rencananya, setelah Piala Dunia 2022, stadion ini hanya akan mempertahankan 25,000 kursi untuk kemudian digunakan oleh tim-tim olahraga universitas sekitar.

6. Al Thumama Stadium, Doha

Stadion Al Thumama yang berlokasi di Doha ini memiliki desain yang unik. Stadion yang dibangun khusus untuk Piala Dunia 2022 ini memiliki bentuk seperti gahfiya, yaitu peci atau topi tenun tradisional yang khas Timur Tengah. Stadion ini memiliki kapasitas 40.000 penonton. Namun, setelah Piala Dunia 2022 berakhir, kapasitas Stadion Al Thumama bakal dikurangi sebanyak 20,000 kursi di tribun bagian atas, untuk kemudian dipindahkan dan digantikan dengan hotel berjumlah 60 kamar.

7. Stadium 974, Doha

Stadion 974 yang juga terletak di Doha, sebelumnya dikenal dengan nama Ras Abu Aboud Stadium. Stadion yang dibekali dengan kapasitas 40,000 penonton ini digunakan untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA 2022. Seperti stadion lain yang direncanakan untuk Piala Dunia 2022, teknologi modern akan diluncurkan untuk mendinginkan Stadium 974 menggunakan energi matahari dan memiliki jejak karbon nol dari tirai di atas stadion. Angka “974” yang digunakan sebagai nama stadion di kota Ras Abu Aboud ini diambil dari kode panggilan internasional negara Qatar yaitu +974. Selain itu, konstruksi stadion ini dibangun menggunakan 974 buah kontainer pengiriman baja bekas yang dimodifikasi. Karena konstruksinya menggunakan kontainer, Stadium 974 pun menjadi stadion pertama dalam sejarah Piala Dunia FIFA yang bisa didekonstruksi atau ditata ulang.

8. Lusail Iconic Stadium, Lusail

Lusail Iconic Stadium merupakan venue Piala Dunia 2022 Qatar dengan kapasitas terbesar yaitu 80.000 penonton. Pembangunan stadion ini dimulai pada 11 April 2017 dan selesai April 2021. Lusail Iconic Stadium kemudian resmi dibuka pada 23 November 2021. Lusail Iconic Stadium secara keseluruhan merupakan sebuah kompleks yang terdapat stadion, taman, marina, pusat bisnis, taman hiburan yang berada di bagian utara Doha, Qatar. Setelah Piala Dunia, Stadion ini dikonfigurasi ulang menjadi Stadion berkapasitas 20,000 penonton dengan ditambahkannya beberapa fasilitas seperti Restoran, tempat belanja, klinik dan sebagainya. Stadion ini akan menjadi tempat pembukaan dan final Piala Dunia 2022 Qatar.

About Radi

Pecinta sepakbola yang ingin berbagi informasi seputar dunia kulit bundar

Check Also

5 Pemain Muda Potensial di Piala Dunia 2022

Sebagai turnamen sepakbola paling bergengsi di dunia, Piala Dunia adalah panggung untuk menciptakan sebuah reputasi …