Preview Piala Dunia 2022: Grup C

World Cup 2022 Qatar akan menyajikan duel antara peraih Ballon d’Or terbanyak Lionel Messi dengan kandidat peraih Ballon d’Or lainnya, Robert Lewandowski di Grup C setelah Argentina bertemu dengan Polandia. Tergabung ke dalam Grup C bersama Argentina dan Polandia, Meksiko dan Arab Saudi juga ikut meramaikan persaingan.  Dengan kemungkinan bahwa 2022 akan menjadi Piala Dunia terakhir baginya, Messi berangkat ke Qatar dengan motivasi lebih untuk menambahkan koleksi gelar tim untuk lemarinya yang sudah penuh dengan gelar-gelar individual yang mentereng. Argentina dan Polandia yang memiliki kesempatan besar untuk melaju ke babak selanjutnya, namun bukan berarti jalan mereka akan mudah dengan adanya Meksiko yang akan memberikan tantangan yang berat bagi kedua tim. Arab Saudi sebagai tim dengan peringkat terendah di Piala Dunia 2022, perlu berharap banyak pada keberuntungan untuk sekedar menyusahkan di grup ini. Selain keberuntungan, Arab Saudi juga perlu memanfaatkan keuntungan mereka yang terbiasa bermain di suhu yang panas. Berikut ini ulasan singkat peta kekuatan Grup C.

Sebagai salah satu raksasa di pentas Piala Dunia, Qatar 2022 akan menjadi panggung kembalinya Argentina sebagai tim kuat yang perlu diwaspadai. Sebagai salah satu pemain terbaik sepanjang masa, Lionel Messi akan berusia 35 tahun di penghujung Piala Dunia 2022. Mengingat koleksi trofi Lionel Messi hanya kurang Piala Dunia saja, tentu saja motivasi lebih Messi untuk melengkapinya perlu untuk dinantikan. Tidak mengherankan jika lampu sorot akan selalu mengikuti Messi di Qatar. Argentina dibawah asuhan Lionel Scaloni, datang ke Qatar menyandang status sebagai raja Amerika Selatan setelah memenangi Copa America 2021. Selain Lionel Messi, Argentina diperkuat oleh kombinasi antara pemain muda dan senior dengan kualitas yang cukup mumpuni, seperti Angel Di Maria, Lautaro Martinez, dan Julian Alvarez. Argentina kembali menunjukkan sepakbola menarik di tangan Lionel Scaloni membuat Argentina menjadi tim yang diunggulkan untuk memenangi Grup C dan melangkah jauh di Piala Dunia 2022.

Di 4 Piala Dunia terakhir, Arab Saudi selalu tereliminasi di penyisihan grup, jadi sulit untuk tidak membayangkan hal yang sama akan kembali terulang di Qatar. Meskipun Arab Saudi mampu finis diatas Australia di kualifikasi, namun Arab Saudi akan tetap kesulitan untuk berbicara banyak di Grup C. Semua pemain Arab Saudi bermain di liga domestiknya, namun pelatih Herve Renard memiliki pengalaman malang melintang melatih di negara-negara lain. Di Rusia 2018, Arab Saudi hanya menciptakan dua gol dan di Qatar tentu saja Arab Saudi akan mengharapkan taji striker mereka Saleh Al-Shehri yang mencetak 4 gol di babak kualifikasi. Mungkin, satu-satunya keuntungan yang dimiliki oleh Arab Saudi yang tidak dimiliki oleh tim-tim lain di Grup C adalah kesamaan geografis antara Arab Saudi dan Qatar yang membuat pemain-pemain Arab Saudi lebih terbiasa bermain di suhu yang panas.

Meksiko melanjutkan catatan selalu lolos ke Piala Dunia sejak tahun 1994 dengan mengamankan tempat kedua kualifikasi Zona Concacaf dibawah Kanada yang unggul selisih gol. Meksiko pun juga memiliki skuad dengan pemain-pemain yang bermain di liga-liga besar di Eropa seperti striker Wolves Raul Jimenez dan gelandang Atletico Madrid Hector Herrera. Meskipun Meksiko tidak mencetak banyak gol, namun Meksiko juga bukanlah tim yang mudah kebobolan. Tentu saja skema permainan yang sama akan diterapkan oleh Gerardo Martino di Qatar. Meksiko memilik kans besar untuk menjadi tim kuda hitam yang mengejutkan banyak orang dan menyusahkan tim-tim lain.

Polandia mengamankan spot di Qatar setelah mengalahkan Swedia dengan skor 2-0 di babak playoff. Polandia bertemu Swedia setelah langsung lolos dari babak playoff pertama setelah Rusia yang didiskualifikasi oleh FIFA akibat Invasi Rusia di Ukraina. Selain Robert Lewandoski, Polandia juga memiliki pemain-pemain lain yang bermain di liga-liga besar Eropa, seperti Piotr Zielinski yang bermain untuk Napoli. Zielinski diharapkan mampu untuk memberikan suplai bola yang cukup baik untuk diselesaikan oleh Lewandowski yang sudah mencatatkan 74 gol untuk timnas Polandia. Diarsiteki oleh Czeslaw Michniewicz, Polandia memiliki peluang besar untuk lolos dari Grup C, apalagi Polandia hanya mengalami dua kekalahan sepanjang babak kualifikasi Zona Eropa.

Jadwal Piala Dunia 2022 Grup C

22/11/2022, 17.00 WIB – Argentina vs Arab Saudi

22/11/2022, 23.00 WIB – Meksiko vs Polandia

26/11/2022, 20.00 WIB – Polandia vs Arab Saudi

27/11/2022, 02.00 WIB – Argentina vs Meksiko

01/12/2022, 02.00 WIB – Polandia vs Argentina

01/12/2022, 02.00 WIB – Arab Saudi vs Meksiko

About Radi

Pecinta sepakbola yang ingin berbagi informasi seputar dunia kulit bundar

Check Also

FIFA Resmi Memperkenalkan Teknologi Baru Di Piala Dunia 2022

FIFA mengumumkan bahwa teknologi semi-otomatis untuk mendeteksi offside akan mulai digunakan di Piala Dunia 2022 …