Preview Piala Dunia 2022: Grup D

Tergabung ke dalam Grup D, sebagai juara bertahan, Prancis akan berhadapan dengan tim-tim yang relatif mudah bagi mereka. Odds world cup winner pun juga menjagokan Prancis untuk mempertahankan statusnya sebagai juara dunia. Di Grup D, Prancis akan bertemu dengan Denmark dan Tunisia, yang kemudian disusul oleh Australia setelah mengalahkan Peru melalui adu pinalti di babak playoff. Tentu saja Prancis menjadi tim yang dijagokan untuk lolos ke babak selanjutnya, namun persaingan untuk memperebutkan tempat kedua memiliki potensi yang menarik untuk dinantikan. Catatan yang unik dari grup ini adalah Prancis, Denmark, dan Australia pernah berada grup yang sama sebelumnya, yaitu Grup C di Piala Dunia 2018 di Russia, dengan Prancis memuncaki klasemen, Denmark sebagai runner up, dan Australia berada di tempat terakhir. Berikut ini adalah ulasan kami tentang peta kekuatan Grup D.

Sebagai juara bertahan, Prancis berambisi untuk mempertahankan gelarnya. Meskipun tampil mengecewakan di turnamen internasional sebelumnya, dimana Prancis harus puas hanya sampai babak 16 besar Euro 2020 setelah dikalahkan oleh Swiss. Jika Kylian Mbappe maupun Karim Benzema tampil dalam performa terbaiknya, maka peluang Prancis untuk menjadi juara semakin besar, ditambah dengan talenta-talenta lain dalam skuad yang memiliki pengalaman dan kualitas yang mumpuni. Prancis berangkat ke Qatar setelah memenangi UEFA Nations League 2020/21 dengan mengalahkan Spanyol di final.  Dengan kedalaman skuad yang paling baik dibandingkan kontestan lain, Prancis pun kemungkinan akan dengan mudah melewati grup ini. Tak mengherankan jika Prancis juga sangat diunggulkan untuk memenangi gelar juara di Qatar.

Denmark kali ini berpotensi menjadi tim kuda hitam di Piala Dunia 2022 dengan harapan mampu untuk melanjutkan performa positifnya di Euro 2020. Meskipun harus kehilangan Christian Eriksen akibat serangan jantung ketika menghadapi Finlandia , Denmark menunjukkan kegigihannya dengan melaju hingga ke semifinal meskipun kemudia harus mengakui keunggulan tuan rumah Inggris. Hal positif lainnya adalah Eriksen yang kembali bermain di lapangan. Performa gemilangnya bersama Brentford membuat Eriksen kembali mendapatkan panggilan timnas. Christian Eriksen masih akan menjadi tumpuan bagi Denmark untuk kembali mengejutkan siapapun. Denmark pun diunggulkan untuk menemani Prancis lolos ke babak selanjutnya.

Tunisia kembali mengikuti Piala Dunia dua kali berturut-turut setelah memastikan tempatnya di Qatar dengan mengalahkan Mali, mencatatkan penampilan ke-6 Tunisia di Piala Dunia. Tunisia pun berharap mampu untuk lolos dari babak grup untuk pertama kalinya. Sebagian besar pemain Tunisia berkarir di Eropa, dengan penyerang St-Etienne, Wahbi Khazri, sebagai penopang utama. Dengan pemain muda Manchester United, Hannibal Mejbri, yang berharap untuk muncul di permukaan di turnamen ini. Tunisia sendiri sedang menjalani era baru, setelah Mondher Bebaier yang dipecat akibat performa buruk Tunisia di Piala Afrika 2021, dan digantikan oleh asistennya, Jalel Kadri. Sejak penujukkan Jalel Kadri, Tunisia pun menunjukkan tanda-tanda peningkatan performa. Namun tantangan besar menunggu Tunisia untuk bersaing dengan Denmark dan Australia dalam memperebutkan tempat kedua.

Australia mengamankan tempatnya di Grup D setelah mengalahkan Peru di babak play off melalui adu pinalti pada 13 Juni 2022. 6 hari sebelumnya, Australia terlebih dahulu harus mengalahkan Uni Emirat Arab dengan skor di babak playoff zona Asia, sebelum akhirnya bertemu dengan Peru. Australia memulai babak kualifikasi zona Asia dengan menjanjikan, mencatatkan 11 kemenangan berturut-turut. Namun kekalahan melawan Jepang dan Arab Saudi memupuskan harapan Australia untuk memastikan lolos langsung ke Qatar dan harus melalui babak playoff. Australia sendiri merupakan langganan di Piala Dunia, dengan lolos ke Piala Dunia lima kompetisi berturut-turut. Tergabung dalam Grup C, Australia diharapkan untuk mampu bersaing melawan Denmark untuk memperebutkan tempat kedua.

Jadwal Piala Dunia 2022 Grup D

22/11/2022, 20.00 WIB – Denmark vs Tunisia

23/11/2022, 02.00 WIB – Prancis vs Australia

26/11/2022, 17.00 WIB – Tunisia vs Australia

26/11/2023, 23.00 WIB – Prancis vs Denmark

30/11/2022, 22.00 WIB – Australia vs Denmark

30/11/2022, 22.00 WIB – Tunisia vs Prancis

 

 

 

 

About Radi

Pecinta sepakbola yang ingin berbagi informasi seputar dunia kulit bundar

Check Also

FIFA Resmi Memperkenalkan Teknologi Baru Di Piala Dunia 2022

FIFA mengumumkan bahwa teknologi semi-otomatis untuk mendeteksi offside akan mulai digunakan di Piala Dunia 2022 …