Preview Piala Dunia 2022: Grup B

Grup B baru menggenapi isinya setelah Wales memastikan lolos ke Piala Dunia 2022 yang mengalahkan Ukraina dibabak playoff. Wales tergabung di Grup B menyusul Inggris, Amerika Serikat, dan Iran. Inggris berstatus sebagai tim Pot 1, Amerika Serikat di bawahnya sebagai Pot 2. Iran sebagai Pot 3 yang awalnya terundi ke dalam Grup A, namun dipindah ke Grup B karena Grup A sudah ditempati oleh wakil Asia lainnya, Qatar. Hal tersebut tidak berlaku untuk perwakilan Eropa, yang mendapatkan pengecualian maksimal dua wakil dalam satu grup. Sebagai situs judi bola Piala Dunia 2022, kami akan memberikan analisa singkat peta kekuatan Grup B.

Mencapai hingga babak semifinal di Piala Dunia 2018 dan kemudian babak final Euro 2021, Inggris berada di langkah yang benar untuk membuktikan diri di Qatar dan kembali meraih trofi besar pertama sejak tahun 1966. Gareth Southgate, pelatih Inggris, kali ini memiliki talenta-talenta muda berkualitas seperti Bukayo Saka, Phil Foden, dan Jude Bellingham. Hal tersebut dikombinasikan dengan pemain-pemain senior berpengalaman akan menjadi senjata yang ampuh bagi Inggris untuk berbicara banyak di Qatar. Kekhawatiran tentu saja di sektor pertahanan, dengan harapan Harry Maguire mampu kembali ke performa terbaiknya. Kapten Harry Kane juga akan mendapat sorotan lebih, Qatar akan menjadi kesempatan baginya untuk membuktikan diri dan juga berpeluang menjadi pencetak gol untuk Inggris terbanyak sepanjang masa, melewati Wayne Rooney yang hanya unggul 3 gol di puncak daftar. Tak salah juga jika Inggris tak hanya dijagokan untuk memuncaki grup ini, namun juga untuk memenangi Piala Dunia.

Amerika Serikat mampu lolos ke Piala Dunia 2022 setelah gagal pada edisi sebelumnya di Rusia, meskipun lolos ke Piala Dunia hanya karena unggul selisih gol dari Kosta Rika dengan catatan poin yang sama. Qatar 2022 akan menjadi Piala Dunia ke-11 yang diikuti oleh Amerika Serikat dengan catatan terbaik mencapai semifinal pada tahun 1930. Skuad Amerika Serikat kali ini dihuni oleh beberapa pemain-pemain berkualitas, tak salah jika anak asuhan Gregg Berhalter diprediksi setidaknya mampu lolos ke babak selanjutnya. Sayap Chelsea, Christian Pulisic, diharapkan untuk menjadi tumpuan utama serangan Amerika Serikat, dengan dibantu pemain muda potensial dari Borussia Dortmund, Giovanni Reyna. Ketajaman lini depan Amerika Serikat pun terbukti dengan catatan 21 gol yang tercetak di babak kualifikasi. Performa yang baik di Qatar akan menjadi pembeda signifikan bagi penggemarnya mengingat bahwa Piala Dunia selanjutnya di 2026, Amerika Serikat akan berstatus sebagai tuan rumah bersama dengan Meksiko dan Kanada.

Iran lolos ke Piala Dunia sebagai tim nomer satu di Asia tiga kali berturut-turut. Dengan jarak Qatar yang tidak terlalu jauh dari Iran, dukungan pendukung Iran pun diprediksi akan dalam jumlah yang banyak. Setelah dilatih oleh Carlos Queiroz di Piala Dunia 2018 dengan sepakbola yang negatif, kali ini Iran menjadi tim yang menampilkan sepakbola yang menarik dibawah asuhan Dragan Skocic. Iran memuncaki klasemen Grup A kualifikasi zona Asia ronde ketiga, dengan catatan 8 kemenangan, sekali kalah, dan sekali imbang, mengungguli Korea Selatan di peringkat kedua. Dengan tumpuan duet antara striker Porto, Mehdi Taremi, dan striker Bayer Leverkusen, Sardar Azmoun, membuktikan bahwa lini depan Iran tidak bisa dipandang sebelah mata. Iran memiliki kesempatan besar untuk memperebutkan urutan kedua di Grup B.

Wales lolos ke Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan Ukraina di babak playoff. Qatar 2022 akan menjadi Piala Dunia pertama bagi Wales sejak tahun 1958 dimana Wales mampu melaju hingga ke babak perempat final. Meskipun Wales termasuk sebagai negara yang relatif kurang diperhitungkan dalam sepakbola, Wales mampu mengejutkan di beberapa tahun terakhir dengan lolos ke semifinal Euro 2016 sebelum dikalahkan oleh Portugal yang keluar sebagai juara. Performa gemilang dari Gareth Bale, Daniel James, dan Aaron Ramsey menjadi harapan bagi Wales untuk berbicara banyak di Qatar.

Jadwal Piala Dunia 2022 Grup B

21/11/2022, 20.00 WIB – Inggris vs Iran

22/11/2022, 02.00 WIB – Amerika Serikat vs Wales

25/11/2022, 17.00 WIB – Wales vs Iran

26/11/2022, 02.00 WIB – Inggris vs Amerika Serikat

30/11/2022, 03.00 WIB – Iran vs Amerika Serikat

30/11/2022, 03.00 WIB – Wales vs Inggris

About Radi

Pecinta sepakbola yang ingin berbagi informasi seputar dunia kulit bundar

Check Also

5 Pemain Yang Akan Menjadikan Piala Dunia 2022 Sebagai Turnamen Terakhir

Piala Dunia 2022 semakin dekat, hanya tinggal berjarak tiga bulan saja menuju pembukaan. Tidak diragukan …